JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Info Aktual


TIM KAWASAN PERTANIAN SEJAHTERA (SAPIRA) BPTP ACEH LAKSANAKAN  SURVEI LAPANG DI ACEH TENGAH

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Takengon - Koordinasi dengan Instansi terkait dan survei calon lokasi Kegiatan Kawasan Pertanian Sejahtera (SAPIRA) dilaksanakan oleh Tim BPTP Aceh (Firdaus, SP.,M.Si  dan  Ir. Khalid) kepada petani  pelaku agribisnis  (Reje petani Kopi) di Desa Tebes Lues, Kecamatan Bies, Kabupaten Aceh Tengah (22/5).

Menurut Firdaus penanggung jawab kegiatan  SAPIRA konsepnya adalah optimalisasi sumberdaya pertanian dalam suatu kawasan,  penerapan teknologi untuk meningkatkan produktivitas ataupun penghematan penggunaan input produksi, pengembangan agribisnis berbasis inovasi, pemberdayaan dan berkelanjutan, model peningkatan pendapatan kesejahteraan masyarakat.

Pendekatan yang digunakan adalah  teknologi inovatif modern 4.0, pada kawasan/agro ekosistem, kemitraan, kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat. 

SAPIRA juga merupakan suatu model diseminasi inovasi pertanian hasil Balitbangtan maupun luar Balitbangtan. Perwujudan di lapangan nantinya adalah terbangun dan berkembangnya sistem intensifikasi dan diversifikasi usaha agribisnis dan atau agroindustri di suatu kawasan pertanian.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mempercepat proses diseminasi dan adopsi teknologi  inovasi, mewadahi dan mensinkronkan program pembangunan pertanian, mewujudkan sistem pertanian berkelanjutan, menumbuhkembangkan usaha agribisnis,  meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Mulyadi, SP selaku Kepala BPP Kecamatan Bies menjelaskan permasalahan yang dihadapi petani kopi adalah produktivitasnya masih rendah, rasa kopi yang berubah karena pengolahan masih sederhana. “Kami mohon kepada BPTP Aceh dengan kegiatan SAPIRA dapat mengurangi permasalahan yang kami hadapi,” harap Mulyadi.

Selanjutnya Reje petani kopi sangat mengharapkan BPTP Aceh dengan kegiatan SAPIRA dapat meningkatkan sumber daya kami melalui pelatihan dan sekolah lapang di kebun demplot untuk dapat mengadopsi semua inovasi teknologi budidaya dan pascapanen kopi. (Firdaus/Khalid/F).

 

 

 

 

 


 

BPTP BALITBANGTAN ACEH PERKENALKAN PENANAMAN PADI GOGO DENGAN ATABELA DI KABUPATEN PIDIE JAYA

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Bandar Baru Kab. Pidie Jaya 13 April 2019,  Largo Super merupakan inovasi-inovasi teknologi dari Balitbangtan untuk lahan kering yang telah diformulasikan sehingga menjadi teknologi terintegrasi. Largo berasal dari kata Larikan Gogo yang merupakan gambaran sistem tanam di lahan kering secara larikan yang  bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi nasional. Larik Gogo (LARGO) adalah terobosan teknologi budidaya padi gogo dengan merekayasa jumlah populasi per hektar minimal 200.000 rumpun dengan menerapkan cara tanam jajar legowo. Penanaman dilakukan dengan alsin tabela larik pola jajar legowo 2 : 1, Varietas unggul padi gogo yang potensi hasilnya tinggi, pupuk hayati, pestisida nabati dan biodekomposer. 

Kegiatan penanaman padi gogo pada kegiatan Kajian Teknologi Largo Super dilaksanakan di Desa Blang Glong Kecamatan Bandar Baru, Kab. Pidie Jaya, dengan menggunakan Alat Tanam Benih Langsung (ATABELA). Atabela karya BB Mektan (Balai Besar Mekanisasi Pertanian) sudah dimodifikasi untuk membuka, menaruh benih dan menutup dengan tanah. Dengan alat itu benih padi tumbuh cepat, merata, dan seragam. Pertumbuhannya berbeda dari cara tanam dengan sistem diawur atau ditugal. Penggunaan Atabela sangat efektif dan efesien karena dari segi waktu relatif cepat dan menurunkan biaya serta juga mempermudah saat pemeliharaan tanaman karena alat sudah didesain untuk larikan gogo. 

Pada teknologi Largo Super menggunakan penanaman pola legowo 2:1. “Jadi antar larikan disela dengan legowo. Fungsinya untuk memberikan efek pinggiran sehingga mendapat pencahayaan bagus dan lebih intensif sehingga perkembangannya bagus. Pola tanam larikan gogo (Largo) mempermudah pemeliharaan saat menyiangi rumput karena ada legowonya. Pemupukan juga lebih mudah dan efektif juga karena pupuknya ditaruh di tengah larikan. Selain itu, tingkat kelembaban menjadi lebih rendah sehingga menurunkan perkembangan organisme penganggu tanaman (OPT) baik hama maupun penyakit. Varietas unggul yang digunakan pada kegiatan ini Inpago 8, Inpago 9, Inpago 12, dan Limboto (idawani/ramlan/F).


 

RAPAT KERJA TERPADU BALAI BESAR LINGKUP BALITBANGTAN

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Rapat kerja terpadu Balai Besar Lingkup Balitbangtan dengan tema konsolidasi sumberdaya, akselerasi perakitan dan hilirisasi inovasi teknologi pertanian modern mendukung program strategis kementan. Dilaksanakan di Hotel Emersia Bandar Lampung 1-2 Mei 2019. Rapat kerja terpadu Balai Besar bidang masalah yaitu BB Biogen, BB Veteriner, BB Pasca Panen dan BB Mektan. Peran strategis 4 BB ini pada konstelasi pembangunan pertanian yaitu bioteknologi, mekanisasi, nanoteknologi dan biosecurity.

Kepala Balitbangtan Dr. Fadjri Djufri dalam arahannya menyatakan kita organisasi besar, lebih dari 30% ASN Kementan adalah dari Balitbangtan. Jumlah Peneliti 1658 dan penyuluh 400, bahwa dalam pertemuan Kepala Balitbangtan Negara G-20 kita tidak lagi sebagai objek penelitian tetapi menjadi subjek penelitian dalam hal ini kita telah mengirim beberapa pakar ke negara-negara lain seperti Fiji, Kepulauan Solomon, Sudan dan Arab Saudi.

Kolaborasi dengan lembaga riset internasional harus lebih kuat. Contohnya adalah dengan grup Sakata yaitu aplikasi research tanaman pasar negara Cina.

Fokus kegiatan lebih pada sistem manajemen korporasi berjenjang yaitu level coporate, taktikal dan execution. Contohnya adalah program UPSUS yang merupakan best practices Kementerian Pertanian. Dalam era digital 4.0 yang berkaitan manajemen research adalah open science, open innovation and innovation network. Inovasi = invensi x komersialisasi. Jadi inovasi harus ada dilapangan dan bernuansa bisnis.  Selain komersial dapat juga bersifat massal.

Menurut Dr. Haryono Renstra 2020-2024 seharusnya one vision strategic. Jadi BPTP harus short term program 1-2 tahun dan pada level operasional. Tagline baru untuk Balitbangtan adalah litbang hebat yang mencakup pemenuhan kebutuhan industri, mengolah bahan baku bernilai tinggi, menemukan produk distinctif dan menghasikan produk dengan investasi rendah. Ciri dari open inovasi (riset inovasi) harus dengan mitra dan industri. Salah satu pemikiran penting dalam penelitian adalah berpikir besar, mulai dari yang simple dan lakukan akselerasi.

Jika berbasis manajemen korporasi maka pedum hanya satu yaitu dari Litbang. Fundamental manajemen korporasi Balitbangtan adalah smart farming & smart agriculture melalui literasi baru berupa data pertanian (big data), teknologi pertanian dan sosial budaya pertanian dan perdesaan.

Dari sisi internal, sistem administrasi harus berbasis Android sehingga user dapat mengetahui proses administrasi. Dari sisi prioritas riset nasional, pada level kementerian harus ada sharing kerjasama riset nasional oleh Bappenas dan Kemenristek Dikti, dari sisi korporate kegiatan peneliti harus berlabel Balitbangtan sehingga seluruh kegiatan milik Balitbangtan. Dalam hal ini data research harus lengkap, terutama teknologi perbanyakan (mass production) contohnya adalah Durian Pelangi. (RJ/F).


 

BPTP ACEH TANAM PERDANA DI LOKASI DEMFARM PADI IP 300 ACEH BESAR

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Menindaklanjuti program peningkatan Indeks Pertanaman (IP) 300 padi sawah seluas 500 ha di Kecamatan Indrapuri dan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar yang telah dicanangkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, maka BPTP Aceh pun mengambil peran dengan membuat demfarm  pendampingan teknologi di dalam lokasi cluster IP 300 tersebut seluas 5 hektar.  Penanaman perdana padi di lokasi demfarm  dilakukan oleh Kepala BPTP Aceh, Ir. M. Ferizal, M.Sc, bersama Ibu Plt Gubernur Aceh, Dr. Dyah Erti Idawati, MT. pada Jumat 3 Mei 2019. Dalam sambutannya, Dyah mengingatkan bahwa peningkatan produktivitas lahan dan usahatani menjadi tujuan, namun demikian hal penting berikutnya adalah bagaimana petani mampu memperoleh pendapatan dari hilirisasi usahatani padi tersebut. Oleh karena itu, perlu perbaikan pengelolaan pengolahan gabah di sentra produksi agar nilai tambahnya tidak lagi berpindah ke provinsi lain. “Aceh terkenal memiliki beras berkualitas tinggi, harapannya dari Kabupaten Aeh Besar ini juga muncul beras terbaik sebagai pesaing di pasar,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPTP Aceh menjelaskan di sela waktu acara penanaman perdana, bahwa BPTP Aceh sesuai tugas pokoknya menciptakan dan mendiseminasikan rakitan teknologi spesifik lokasi, maka pada demfarm ini akan diterapkan full mekanisasi paket rekomendasi teknologi usahatani padi sawah. Harapan kita, diseminasi inovasi teknologi di lokasi demfarm  menjadi fokus perhatian petani di dalam cluster peningkatan IP 300, artinya petani sekitar dapat belajar bagaimana mengelola usahatani padi yang lebih efisien dan ramah lingkungan serta menguntungkan.

Cluster padi IP 300 di Indrapuri dan Kuta Malaka akan dikelola secara intensif termasuk pemanfaatan alat dan mesin pertanian. Penggunaan mesin tanam Jarwo Transplanter dan mesin panen Combine Harvester menjadi penting dalam upaya peningkatan produktivitas dan penurunan biaya produksi usahatani. “Penggunaan kedua mesin pertanian tersebut ternyata dapat menurunkan biaya tanam dan panen sehingga peningkatan pendapatan usahatani padi tercapai. Sementara itu, untuk membantu melindungi tanaman dari serangan hama penyakit secara ramah lingkungan, maka penanaman refugia di sekitar tanaman padi menjadi penting, karena akan mengurangi resiko tingkat serangan. Selain dengan adanya refugia, penggunaan varietas unggul juga menjadi penting dalam demfarm ini karena dapat meningkatkan produksi dan tahan terhadap HPT. Varietas unggul adaptif yang digunakan adalah Inpari 32 dan Inpari 42 yang memiliki potensi hasil tinggi”, demikian M. Ferizal menjelaskan. (Rizki/Ismail/F).

Berita Terkait lainnya :
Dukung Program IP 300, Isteri Plt. Gubernur pun Rela ‘Bermain Lumpur’

 

PENANAMAN CLUSTER PADI IP-300 DI INDRAPURI- ACEH BESAR  

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Selasa (23/4/2018). Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh melaksanakan program peningkatan indeks pertanaman (IP) padi di sawah dari rata-rata 1,6 kali menjadi 3 kali setahun atau yang lebih dikenal dengan IP-300 di Kecamatan Indrapuri dan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar yang menjadi daerah percontohan (pilot project) untuk Aceh. 

Acara Pencanangan Penanaman Cluster Padi IP-300 dilakukan oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Turut hadir Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi M.Agr, mewakili Menteri Pertanian Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haitar, Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, anggota Forkompinda, Asisten II Setda Aceh, Kepala SKPA dan SKPK Aceh Besar, Kepala BPTP Aceh, serta undangan lainnya  di Desa Lam Ilie Mesjid Indrapuri Aceh Besar.

Dalam sambutannya Plt. Gubernur Aceh menegaskan bahwa harus ada upaya khusus untuk mengantisipasi penurunan produksi padi akibat penurunan luas lahan melalui program intensifikasi. Program ini juga harus memperhatikan aspek hilir agar diperoleh nilai tambah dari produksi yang dihasilkan.

Staf Ahli Menteri Pertanian Prof. Dr. Dedi Nursyamsi M.Agr menyampaikan bahwa untuk mendongkrak produktivitas padi sawah harus didukung oleh infrastruktur yang baik, inovasi teknologi dan pemberdayaan petani serta stakeholder lainnya.

Program ini sangat berpeluang utuk berhasil karena Aceh memiliki tanah yang subur dan air cukup tersedia.

Kegiatan IP-300 juga mampu mendongkrak sektor ekonomi di wilayah sekitar sebagai akibat dari peningkatan produksi yang signifikan. 

Kadistanbun Aceh, Ir. A. Hanan, M.M dalam pengantarnya menyampaikan bahwa program padi IP-300 yang dilaksanakan pada lokasi seluas 500 ha ini berpotensi menghasilkan gabah setara dengan Rp. 60 milyar setahun. Selanjutnya A. Hanan mengatakan, bantuan lain yang diberikan kepada petani yang menjadi peserta penanaman perdana percontohan tanam padi cluster IP 300 ini, tanaman padinya diasuransikan.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, mengharapkan agar kegiatan ini bisa menjadi role model dalam rangka meningkatkan pendapatan petani.

Kepala BPTP Aceh, Ir. M. Ferizal, M.Sc. menambahkan bahwa dalam mendukung progran IP-300 pihaknya melakukan pendampingan teknologi, dimulai dari pemilihan varietas padi hingga teknologi budidaya. Untuk itu maka BPTP Aceh melaksanakan demfarm di sekitar lokasi kegiatan seluas 5 ha dengan menerapkan paket teknologi Jarwo super full paket.  Diharapkan nantinya dapat menjadi model pengembangan IP 300 yang berkelanjutan. (Mirza/F).


 

Escort İzmir Etiler Escort Ankara Escort escort ankara Türkçe altyazılı porno porno izle Beylikdüzü Escort ankara escort Türkçe Altyazılı Porno Pendik Escort taksim escort Ankara Escort Kartal Escort Şirinevler Escort Mecidiyeköy escort Porno izle Halkalı Escort Pendik Escort ankara escort Şişli Escort Bayan escort beylikdüzü escort Kartal Escort Bahçeşehir Escort Çankaya Escort Etlik escort Kadıköy Escort Eryaman Escort Ankara escort Sincan Escort Bodrum Escort İstanbul Escort Beşiktaş Escort Taksim Escort Bayan Ataköy Escort Bakirkoy Escort Escort beylikdüzü antalya escort istanbul Escort Bahçeşehir Escort escort bayan Porno izle Sex şişli escort alman porno Ankara Escort Bayan porno ankara escort Ankara Escort Aksu escort Türkçe porno eskişehir escort izmir escort Ataşehir Escort Ataşehir Escort Kurtköy escort Pendik Escort Mersin Escort Bayan Bahis Forum sex izle beylikdüzü escort esenyurt escort buca escort ankara escort Ankara Escort izmir escort istanbul escort Byskor altyazılı porno izle Ankara Escort escort ankara sinema izle instagram takipçi instagram takipçi instagram free followers free followers for instagram instagram takipçi satın al cheat follower for instagram free instagram followers instagram takipçi kasma instagram beğeni hilesi instagram giriş instagram free follower instagram takipçi instagram takipçi free followers for instagram instagram takipçi satın al instagram free followers free instagram followers instagram takipçi kasma instagram beğeni hilesi cheat follower for instagram instagram giriş instagram free follower Ankara Kadin Malatya Escort Adana Escort Alanya Escort Konya Escort Bodrum Escort Adana Escort Alanya Escort Alanya Escort Antalya Escort Antalya Escort Beylikdüzü Escort Beylikdüzü Escort Beylikdüzü Escort Beylikdüzü Escort Bursa Escort Bursa Escort Bursa Escort Eskisehir Escort Eskisehir Escort Gaziantep Escort Gaziantep Escort Gaziantep Escort Gaziantep Escort Kayseri Escort Kayseri Escort Malatya Escort Mersin Escort Samsun Escort Samsun Escort Hatay Escort Kuşadası Escort Bursa Escort istanbul escort instagram takipçi kasma instagram takipçi hilesi instagram beğeni hilesi instagram takipçi instagram giriş instagram takipçi satın al instagram free followers instagram free follower cheat follower for instagram free instagram followers free followers for instagram beylikdüzü escort avcılar escort şişli escort çiğköfte bayilik kurulum paketi Promosyon Cami Halı Cami Halı Cami Halı
wso shell Indoxploit shell fopo decode kaliteli hacklink adresi hacklink al hacklink panel hacklink satış garantili hacklink  paykasa Google