JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Universitas Borobudur Sosialisasikan “Pakar Kentang” Berbasis Android di Bener Meriah

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
5

Sebagai salah satu wujud pelayanan publik kepada masyarakat, Universitas Borobudur Jakarta, melakukan kunjungan ke Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh sejak 14-16 November 2017 guna mensosialisasikan cara pengendalian hama penyakit kentang dengan menggunakan fasilitas android bertempat di BPP Bale Permata. Peneliti dari Universitas Borobudur terdiri dari Prof. Dr. Ir. Darwati Susilastuti MM, Ir Luluk Sutji Marhaeni, MS dan Ir Hj. Nikmah, MM, dan Dr. Srinita, M.Si  didampingi tim peneliti BPTP yaitu Fenty Ferayanti dan Basri A. Bakar yang juga Kepala BPTP Balitbangtan Aceh

Menurut Darwati, ketua tim peneliti dari Universitas Borobudur, kegiatan ini merupakan penelitian hibah KP4S Kementerian Pertanian tahun 2017. Peserta yang yang terdiri dari penyuluh dan petani kentang sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut ditandai dengan banyaknya diskusi dan tanya jawab.

Dalam sosialisasi ini disampaikan cara mendeteksi serangan hama dan penyakit berdasarkan gejala serangan serta cara pengendaliannya dengan menggunakan aplikasi Pakar Kentang versi 3.0 yang dikembangkan oleh para peneliti/ dosen Universitas Borobudur Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Darwati menambahkan, dengan sistem pakar cara pengendalian hama penyakit berbasis android ini, diharapkan para petani bisa mengatasi sendiri permasalahan di lapangan dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Persis seperti guru yang bisa ditanyakan setiap saat tanpa harus dibayar, ujarnya. Syaratnya siapapun bisa mendownload aplikasi sistem Pakar Kentang versi 3,0 melalui Android, kemudian mengikuti langkah-langkah yang telah diprogramkan.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut antara lain Kabid Hortikultura Distan Bener Meriah, peneliti BPTP Aceh, staf Kebun Percobaan (KP) Gayo, koordinator BPP beserta staf, ketua gapoktan, ketua poktan, penyuluh lapangan, petani dan undangan lainnya.

Disela-sela kegiatan sosialisasi tersebut, para dosen Universitas Borobudur Jakarta selain berkunjung ke kebun kentang juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan staf KP Gayo yang merupakan unit kerja BPTP Aceh di daerah yang melakukan penelitian dan pengembangan tanaman kopi Arabika Gayo (Fenty/ b).


 

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google