JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Aceh Bangun Kerjasama Penelitian dengan BMKG

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
16

Keberadaan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh sangat penting dalam penerapan teknologi, apalagi terkait dengan klimatologi sehingga berpengaruh dalam budidaya pertanian”, ungkap Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Ir. H. Basri A. Bakar MSi saat pertemuan Tim BMKG dengan peneliti/penyuluh, Rabu (24/1).

Menurutnya,  momen ini perlu kita manfaatkan dengan baik, khususnya peneliti karena sangat  penting dalam merancang kegiatan  riset yang berkaitan  dengan  tanaman  pangan  khususnya komoditi padi, jagung dan kedelai (Pajale). Pertemuan tersebut diharapkan dapat  menjalin  kerjasama yang erat di  bidang  pertanian. “Sebagai lembaga penghasil inovasi teknologi, BPTP memiliki tenaga fungsional peneliti/penyuluh  agar lebih proaktif dan terlibat dalam kegiatan BMKG sehingga lebih bersinergi, khususnya berkaitan dengan iklim”,  harapnya. Ditambahkan pula pertemuan ini dapat berlanjut dalam dan berkesinambungan sehingga memperoleh  hasil  riset yaitu berupa  karya tulis.  

Sementara Ka. BMKG diwakili Sutarni menyampaikan tentang kegiatan BMKG dalam melakukan riset serta mengajak kerjasama secara teknis di bidang pertanian. Dijelaskan bahwa pihaknya secara teknis belum memiliki peneliti bidang pertanian. Selama ini, pengkajian BMKG sebatas tentang klimatologi saja dan telah dipublish dalam bentuk jurnal.

Kegiatan tersebut mendiskusikan mengenai  sumber daya yang tersedia  di BMKG seperti lahan untuk penelitian sekitar 2,000m²  dan selama ini hanya digunakan untuk penelitian mahasiswa Pasca Sarjana Unsyiah. Sementara tenaga/karyawan fungsional saat ini berjumlah 13 orang  merupakan pengelola  data unsur-unsur  iklim seperti  penyinaran  matahari,  suhu udara, kelembaban tanah, curah hujan dan kecepatan angin.

Menurut Eko Wahyudi selaku tim BMKG, pihaknya merasa senang dan bangga serta mengapresiasi atas respon BPTP Aceh untuk menjalin kerjasama. "Ke depan dalam memperoleh data tidak perlu lagi pengeluaran biaya tetapi cukup dengan berkolaborasi", pungkasnya. (dani/b).


 

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google