JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kaji Terap Dalam Peningkatan Kapasitas Penyuluhan Di Aceh

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
1

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluhan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Aceh sudah mulai menggeliat. Salah satu sub kegiatannya adalah pelaksanaan Kaji Terap yang kali ini mengangkat tema Percepatan Penerapan Teknologi Jarwo Super pada usahatani padi sawah. Kegiatan Kaji Terap dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti oleh 30 orang Penyuluh Pertanian (PPL) yang berasal dari 3 kecamatan di Aceh Besar.

Tanam perdana kaji terap jarwo super di lahan persawahan seluas 5 ha dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018 bertempat di Desa Teureubeh, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar. Desa ini memiliki hamparan lahan persawahan seluas 400 ha yang memiliki sistem pengairan irigasi teknis.

Berkesempatan hadir pada tanam perdana tersebut Bapak Dr. Ir. Mukti Sardjono, M.Sc (Staf Ahli Menteri) dari Kementerian Pertanian yang juga selaku Penanggung Jawab UPSUS Pajale di Provinsi Aceh didampingi oleh Kepala BPTP Aceh. Beliau ikut menyaksikan penggunaan alat Transplanter padi yang merupakan salah satu komponen dalam teknologi jarwo super. Diharapkan, penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) ini dapat memudahkan petani dalam proses penanaman padi di lokasi kegiatan dan mempercepat capaian Luas Tambah Tanam (LTT) padi di Aceh Besar secara keseluruhan.

Kegiatan Kaji Terap ini akan terus dilaksanakan sampai dengan tahap pemanenan yang akan menggunakan alat Combine Harvester (CH) yang mulai disukai oleh petani, karena dapat menghemat biaya tenaga kerja dan waktu panen.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluhan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan PPL sebagai pejuang pembangunan pertanian sekaligus menderaskan arus transfer teknologi Balitbangtan ke petani pengguna (Admin/F).


 

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google