JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP dan Pemkab BM Dorong Peningkatan Kapasitas Penyuluhan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
8

Untuk memajukan sektor pertanian disegala bidang, BPTP Balitbangtan-Aceh dan Pemkab Bener Meriah (BM) bekerjasama guna mendorong peningkatan kapasitas penyuluhan. "Hal ini penting agar penyuluh  mampu mengemban tugas  pendampingan program pemerintah", ungkap Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Syarkawi dihadapan 124 penyuluh se kabupaten Bener Meriah berlangsung di aula KP Gayo BPTP Balitbangtan Aceh, Rabu (25/4/18).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten II, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kabag dan Kasi Penyuluhan Kab.Bener Meriah serta Penanggungjawab KP Gayo.

Lebih lanjut dijelaskan selain konsep, penyuluh juga mengutamakan layanan maksimal, mampu meningkatkan taraf hidup, pendapatan dan kesejahteraan petani. Tahun ini katanya kabupaten Bener Meriah mendapat satu juta lebih  bibit kopi  untuk petan, untuk itu perlu dikawal bersama sama agar tepat sasaran.

Menurutnya, salah satu program pemda tahun ini sekitar 12 ribu petani akan mendapat Kartu Petani Mulya (KPM) untuk memotivasi petani dalam peningkatan wawasan dan pola pikir yang maju dan mandiri. "Penyuluh sebagai unjuk tombak dalam pembangunan pertanian harus mampu menyiapkan aktualisasi diri,  dalam menghadapi masalah dan tantangan  petani di lapangan", timpalnya.

Ditambahkan penyuluh perlu mendapat bimbingan teknis sebelum terjun di lapangan, kemitraan dan kerjasama sangat diharapkan dalam menunjang perubahan perilaku petani yang mau dan mampu menyejahterakan dirinya dan keluarganya.

Fathan Muhammad Taufik penyuluh pertanian Kabupaten Aceh Tengah turut memberikan materi bagaimana menjadi penyuluh pertanian Zaman Now, bagaimana seorang penyuluh memiliki semangat profesionalisme. Di dalam penyuluhan  selain memiliki disiplin, keteladanan dalam dirinya dan mengembangkan profesinya sehingga mau dan mampu melakukan penelitian/ kajian ilmiah sesuai spesifik lokasi binaannya.

Ciri penyuluh pertanian yang profesional kata Fathan adalah bekerja dengan ikhlas yaitu mampu mengakses informasi, menghasilkan karya bermanfaat, membuat konsep penyuluhan secara sistematis, membuat terobosan baru dalam bidang pertanian dan mengadopsi inovasi teknologi yang memberikan solusi dari berbagai masalah yang di hadapi petani. media dalam mengembangkan profesi penyuluhan pertanian diantaranya melalui media sosial, media Online dan cetak, website, jurnal dan buletin penyuluhan pertanian’, pungkasnya. (Ishar/F).


 

wso shell Indoxploit shell fopo decode kaliteli hacklink adresi hacklink al hacklink panel hacklink satış garantili hacklink  paykasa Google