JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peningkatan Produktivitas Kopi Arabika Dimulai Dari Perbenihan Yang Baik

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
6

Dataran tinggi Gayo yang meliputi 3 kabupaten (Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues) merupakan penghasil kopi arabika terbaik di dunia dengan citarasa yang khas dan unik. Seluruh areal kopi merupakan perkebunan rakyat dengan luasan  Kabupaten Aceh Tengah 48.000 Ha, Bener Meriah 46.000 Ha dan Gayo lues 7.000 Ha. Produktivitas kopi di Aceh tahun 2016 masih tergolong relatif rendah yakni 460 kg/ha/thn, Salah satu penyebabnya adalah petani masih menggunakan pola konvensional dalam budidayanya. Di Kabupaten Bener Meriah Produktivitas kopi rata-rata 850 kg/ha/tahun, walaupun kenyataan di lapangan ada juga sebagian kecil petani produktivitas kopinya telah mencapai 1,0 - 2,5 ton/ha/tahun, Faktor keunggulannya adalah sudah menggunakan benih unggul,  pemeliharaan/ perawatan intensif termasuk didalamnya pemangkasan secara rutin.

Upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani kopi bisa meningkat di awali dengan penggunaan benih yang bermutu dan bersertifikat. Benih kopi yang dianjurkan adalah varietas Gayo 1 yang sudah dirilis oleh kementerian pertanian tahun 2010 yang silam, potensial produksinya mencapai  0,9 – 1,2 ton Green bean /ha /tahun

Tahun 2018 sebagai tahun perbenihan nasional yang akan menghasilkan benih bermutu dan berkualitas agar  produktivitas hasil perkebunan yang tinggi dan berkelanjutan, sehingga  dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani pada umumnya. BPTP Balitbangtan Aceh pada bulan Sept – Okt 2018 akan mendistribusikan bibit kopi arabika varietas Gayo 1 sebanyak 21.000 batang kepada kelompoktani di Kabupaten Aceh tengah dan Bener Meriah yang calon petani dan calon lokasi (CPCL) nya telah tersedia pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Pada saat kunjungan evaluasi pembenihan kopi arabika di KP Gayo. Rabu (16/5/18)  Kepala BPTP Aceh, Ir. M. Ferizal, M.Sc. menyarankan "sebelum bibit kopi arabika didistribusikan  ke petani harus ada teknologi yang sesuai GAP anjuran sehingga Kebutuhan teknologi  yang adaptif spesifik lokasi yang telah teruji. Sebagai contoh penggunaan teknologi Pembibitan dan bahan tanam sesuai anjuran sehingga memberikan manfaat bagi petani  ”.(Ishar/R/F). 


 

wso shell Indoxploit shell fopo decode kaliteli hacklink adresi hacklink al hacklink panel hacklink satış garantili hacklink  paykasa Google