JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Akreditasi Laboratorium Pengujian BPTP Aceh Untuk Menjamin Mutu Hasil

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
0

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan kompetensi serta jaminan mutu pengujian terhadap pengguna, Laboratorium BPTP Aceh sedang mempersiapkan Sertifikat Akreditasi  dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan ruang lingkup uji tanah dan uji pupuk.

Pada tanggal 23 – 24 Mei 2018 telah dilakukan pendampingan untuk percepatan akreditasi laboratorium pengujian berdasarkan sesuai  ISO/IEC 17025:2017 yang dipimpin oleh Dr. Romsyah Maryam (Bbalitvet), Ir. Uning Budiharti, M.Eng (BB Mektan), Dr. Saptowo J. Pardal (BB Biogen) dan Yani Nurhayati (BBSDLP).

Kepala Balai BPTP Aceh yang diwakili Dr. Rachman Jaya menyatakan laboratorium pengujian BPTP Aceh telah lama berjalan dengan sarana dan prasarana yang belum memadai, tetapi telah dapat menghasilkan cukup banyak data. Untuk itu maka kita harus berupaya untuk memperoleh akreditasi dari KAN sesuai dengan ruang lingkup yang sudah dijalankan selama ini. Dengan diperolehnya akreditasi dari KAN maka sudah ada jaminan mutu yang standar terhadap hasil pengujian yang kita hasilkan.

Bimbingan teknis diawali oleh Ibu Ir. Uning Budiharti, M.Eng menjelaskan tentang pendekatan proses ISO/IEC 17025:2017 yang meliputi  proses Manajemen, Teknis, Support dan pengukuran sistem. Keberhasilan laboratorium ini ditentukan dari bersinergi dan efektivitas dari seluruh proses proses Manajemen, Teknis, Support dan pengukuran sistem yang tertata dan terdokumentasi dengan baik sehingga semua aspek harus dapat ditelusur.

Manajemen laboratorium harus melakukan kajiulang manajemen pada sistem manajemen pada interval yang direncanakan, untuk memastikan kesesuaian, kecukupan dan efektivitas, termasuk kebijakan dan sasaran mutu yang terkait dengan pemenuhan standar internasional ini,  harus direkam dan harus mencakup informasi yang berkaitan dengan hal-hal berikut:  a. perubahan isu-isu internal dan eksternal yang relevan dengan aktivitas laboratorium; b. pencapaian sasaran mutu; c. kesesuaian kebijakan dan prosedur, Dr. Saptowo J. Pardal menambahkan pada sesi lainnya.

Dr. Romsyah Maryam pada sesi audit internal mengatakan bahwa audit ditujukan untuk Melakukan kajian kesesuaian dokumen mutu dengan ISO 17025:2017 dan penerapannya di laboratorium. Dokumen harus lengkap, sesuai standar/acuan/regulasi, dan dilaksanakan secara konsisten.  Akhirnya Dr. Romsyah Maryam point terpenting adalah budaya kerja  : TULIS APA YANG AKAN DIKERJAKAN, KERJAKAN APA YANG DITULIS, REKAM DAN LAPORKAN apa yang telah dikerjakan, EVALUASI dan LAKUKAN PENINGKATAN secara berkelanjutan (R/F)