JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peran Serta BPTP Aceh Dalam Bimtek Perbenihan Hortikultura

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
5

Aceh Besar, 6/9/2018. Bimbingan Teknis Perbenihan Hortikultura dilaksanakan oleh UPTD Balai Benih Horikultura, Prov. Aceh bertempat di Hotel Hijrah, Aceh Besar. Bimtek tahap I ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari 10 kabupaten. BPTP Balitbangtan Aceh berkesempatan menyampaikan 2 materi yakni Sosialisasi Peraturan Perbenihan Hortikultura dan Prosedur dan Proses Pendaftaran Varietas Tanaman.

M. Ramlan, KSPP BPTP Balitbangtan Aceh mewakili Kepala BPTP Aceh menyampaikan materi Sosialisasi Peraturan Perbenihan Hortikultura, materi diawali dengan penjelasan secara ringkas dan point mendasar pada Undang- Undang  Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Hortikultura, Permentan No. 29/Permentan/PP.210/2018 Tentang Tata Cara Perizinan Berusaha Sektor Pertanian, Permentan No. 26/Permentan/Hr.060/5/2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Pertanian No. 15/Permentan/Hr.060/5/2017 Tentang Pemasukan dan Pengeluaran Benih Hortikultura. Dijelaskan sacara rinci tentang jenis tanaman yang tergolong dalam kelompok hortikultura yaitu segala hal yang berkaitan dengan buah, sayuran, bahan obat nabati, dan Hortikultura, termasuk di dalamnya jamur, lumut, dan tanaman air yang berfungsi sebagai sayuran, bahan obat nabati, dan/atau bahan estetika. Tanggung jawab produsen atas kesesuaian produk yang diedarkan dengan persyaratan yang ditetapkan serta kewajiban untuk melindungi Sumber daya genetik hortikultura dengan upaya melestarikan, memperkaya, memanfaatkan, dan dikembangkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada sesi lainnya Penanggung Jawab SDG BPTP Balitbangtan Aceh, Mehran, SP, M,Si menjelaskan secara detail tentang tahapan dan proses yang harus ditempuh dalam rangka pendaftaran SDG lokal ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian no 38/PERMENTAN/Ot.140/7/2011 tentang pendaftaran varietas tanaman hortikultura dinyatakan ada beberapa persyaratan teknis pendaftaran varietas untuk tujuan peredaran antara lain ketersediaan hasil uji keunggulan varietas dan deskripsi varietas yang baku dan petunjuk teknisnya. Selanjutnya Mehran menjelaskan “Deskripsi varietas merupakan kumpulan karakter kuantitatif dan kualitatif yang disusun menurut prosedur tertentu sehingga dapat mencirikan suatu varietas. Mengingat bahwa karakter-karakter dalam deskripsi varietas akan digunakan sebagai acuan dalam uji kebenaran varietas, tentunya pemahaman tentang penulisan istilah dalam penulisan deskripsi harus sama”. (Mehran/R/F).