JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Aceh Adakan Rapat Internal Perkembangan Kegiatan UPSUS dengan Liaison Official (LO)

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
0

Perkembangan UPSUS Pajale Provinsi Aceh saat ini memasuki Injury Time pada MT Gadu tahun 2018, maka BPTP Aceh kembali mengadakan Rapat internal Liasion Official (LO) yang dilaksanakan pada : Senin, (17/9/018), di Aula BPTP Aceh. Agenda: Dinamika Kebijakan Upsus Pajale Aceh, Pembagian Tugas Penanggung Jawab (LO) Kab/Kota dan Fokus Kerja Tim Upsus Pajale Aceh bulan September.

Rapat internal kegiatan upsus BPTP Aceh 2018 dipimpin oleh kepala BPTP Aceh diikuti Pejabat eselon IV, Koord. Program, seluruh penyuluh dan peneliti selaku LO kabupaten/kota.

Pengarahan diawali dengan fokus kerja dalam upaya mengatasi kendala di lapang pada program UPSUS terutama data capaian LTT Pajale yang belum memenuhi target  dan strategi baru dalam pemanfaatan sistem tumpangsari tanaman.

Permasalahan UPSUS di lapangan antara lain keterbatasan ketersediaan air irigasi dan kemarau yang relatif panjang pada tahun ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan sistem tumpangsari tanaman padi gogo, jagung dan kedelai, baik di lahan sawah maupun di lahan kering. Kepala Balai menyampaikan LTT padi di beberapa wilayah kabupaten pada bulan September 2018 ini mulai menurun disebabkan masih tingginya standing crop dan hampir terpenuhi penanaman di lahan-lahan sawah beririgasi.  Fokus kegiatan saat ini adalah penanaman padi gogo di lahan sawah tadah hujan dan lahan kering untuk menambah LTT padi di MT Gadu. 

Dalam rangka antisipasi implementasi penanaman tumpang sari antara padi gogo, jagung, dan kedelai yang akan dilakukan oleh petani, diharapkan para penyuluh dan peneliti untuk dapat menyiapkan petunjuk teknis (juknis) yang akan digunakan sebagai bahan acuan dalam pendampingan di lapangan (PPL dan petani). Juknis tersebut dapat dimodifikasi berdasarkan kesesuaian dengan kondisi spesifik lokasi.(Rizki/F)