JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Aceh dipercaya melaksanakan Kajian Pengembangan Bibit Pala Pola Sambung Pucuk

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
fShare
0

 

BPTP Aceh (18/9/2018). Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh bekerja sama dengan BPTP Balitbangtan Aceh  melaksanakan satu kegiatan pembinaan dan pengembangan usaha perbenihan, penyediaan bibit dan sarana produksi dengan judul Kajian Pengembangan Bibit Pala Pola Sambung Pucuk. Kegiatan ini dibiayai oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh melalui DPA-SKPA tahun 2018.

Azanuddin, SP, MP  yang selaku Kabid. Perbenihan, Produksi dan Perlindungan Perkebunan  Distanbun Aceh, memaparkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menilai kelayakan pengembangan Bibit Pala dengan metode Sambung Pucuk. Kajian meliputi kelayakan metode sambung pucuk, ketahanan terhadap serangan hama/penyakit dan  analisis ekonomi serta hal-hal lain dalam pengembangan Pala di Aceh. Beliau juga menyatakan bahwa kerjasama ini bersifat kontraktual namun sangat diharapkan melalui kegiatan ini juga  merupakan transfer  pengetahuan dan kemampuan dalam bidang riset sehingga terjadi peningkatan  pengetahuan dan kemampuan bagi kedua pihak. 

Ir. M. Ferizal, M.Sc, Kepala BPTP Balitbangran Aceh menyambut baik rencana kajian tentang pembibitan pala tersebut. Menurutnya, kegiatan ini menjadi tugas kami sebagai lembaga riset di daerah namun karena keterbatasan biaya dan banyaknya komoditas maka tidak mungkin melakukan untuk semua komoditi.  Diharapkan output dari kegiatan adalah diketahuinya kelayakan teknis, ekonomis dan sosial terhadap Pengembangan Bibit Pala Pola dengan metode Sambung Pucuk yang sudah mulai diterapkan oleh masyarakat tani pala, namun belum ada kajian ilmiahnya.  Kita harus yakin benar bahwa apa yang akan kita rekomendasikan mempunyai nilai tambah, tentunya dengan asumsi-asumsi tertentu. Dari sisi tim pelaksana harus terdiri dari kolaborasi antara Distanbun dan BPTP Aceh, karena penyebaran inovasi pertanian baik fisik maupun non-fisik juga merupakan tujuan utama kita. Kepada tim dari BPTP Aceh saya berharap segera dibuat  proposal lengkap kegiatan ini yang mencakup aspek legalitas teknis dan metode yang digunakan dan kaji ulang anggaran sehingga menghasilkan output yang maksimal. (R/RJ/F)