JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mahasiswa Joint Summer Program Biodiversity Indonesian Coffee Story Kunjungi Kebun Percobaan Gayo (2)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
fShare
0

Bener

Mekanisasi  Kunci Sukses Membangun Pertanian Modern    

Setiap tahun, jumlah petani semakin berkurang begitu pun luasan lahannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Pertanian telah membuat program regenerasi petani dan pengembangan pertanian modern atau full mekanisasi. Dengan pertanian modern, diharapkan mampu meningkatkan IP dan produktivitas. Untuk itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan terlatih dalam hal mekanisasi sangat dibutuhkan.

Dalam rangka meningkatkan Kompetensi SDM yang terlatih, BPTP Balitbangtan Aceh mengirimkan petugas yang membidangi alsintan untuk mengikuti acara "Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi SDM (Bidang Teknik Pengujian Alsintan)" yang diselenggarakan oleh BPP Mektan Serpong dari tanggal 23-28 September 2018, diikuti oleh 81 Orang Peserta yang berasal dari UK/UPT Lingkup Balitbangtan dan Dinas Pertanian.  Acara dibuka oleh Kepala Tata Usaha BBP Mekanisasi Pertanian. Materi bimbingan meliputi aspek operasional dari peralatan Combine Harvester, Sprayer, Pompa Air Irigasi, Traktor Roda 2 dan Roda 4, serta transplanter.

Tuntutan akan kebutuhan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dewasa ini sudah menjadi suatu kebutuhan dalam mengelola bisnis pertanian. Bahkan untuk mewujudkan pembangunan pertanian tanpa mekanisasi, sepertinya menjadi suatu hal yang tidak mungkin. Mengingat lahan yang semakin menyempit dan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang semakin berkurang.

Mekanisasi pertanian merupakan suatu cara untuk menciptakan pertanian yang modern, dan berdaya saing. Dengan mesin, mengelola bisnis pertanian menjadi lebih untung baik dari segi waktu maupun biaya. Untuk itu, diperlukan alsintan yang benar-benar terstandarisasi agar benar-benar mampu memberikan keuntungan dan kemudahan baik dari pemakaiannya maupun kemudahan saat terjadi permasalahan saat digunakan.

Dengan adanya mekanisasi pertanian, diharapkan tidak terlalu menguras tenaga para petani, proses pengerjaan yang lebih cepat dan tepat waktu, serta hasil yang didapat dalam waktu yang lebih cepat dan lebih memuaskan.

 

Sehingga hal tersebut menempatkan alat dan mesin pertanian menjadi sangat penting untuk menunjang sistem pertanian dalam setiap tahapan pertanian (mulai dari pengolahan lahan atau tanah pertanian, pembibitan, penanaman, penyiangan, pemeliharaan, pemupukan, pemanenan dan bahkan sampai penanganan produk pasca panen). (Ramlan/Masdi/F)

 

 

 

 

 

Jeff Yapan Coffee Story. (Ishar/R/F).