JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Popüler Bahis

aviator

BPTP ACEH GELAR TANAM PERDANA PADI VUB KHUSUS DAN SPESIFIK LOKASI DI DATARAN TINGGI

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Dalam rangka meningkatkan produksi padi dan pemberdayaan ekonomi petani di era Pandemi Covid-19, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh bersama Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Gayo Lues tetap mendampingi petani dengan melakukan gelar penanaman perdana padi VUB di dataran tinggi Gayo Lues pada Senin (2/8) pagi. 

Lokasi penanaman digelar di Kampung Penosan, Kecamatan Blang Jeurango, Kabupaten Gayo Lues dengan lahan seluas 14 hektare (Ha) milik 2 anggota Kelompok Tani (Poktan) yakni kelompok Tani Penumpun dan Poktan Walang Sangit. Jenis padi yang ditanam pada penanaman perdana hari ini adalah Inpari 16, Inpari 28, Inpari Nutrizinc, Gogo Luhur I dan Ciherang sebagai Varietas padi eksisting yang selama ini menjadi andalan petani. 

Turut hadir pada acara tanam perdana itu Anggota DPR-RI Komisi IV Irmawan yang diwakili Buniami, S.Sos selaku tim di Gayo Lues, Kepala BPTP Aceh yang diwakili penanggung jawab kegiatan lapangan Husaini, SP., M.Si, Peneliti BPTP Aceh, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) bersama para Penyuluh. Disamping itu juga hadir Babinsa, Tokoh Kelembagaan Adat Pertanian dan seluruh petani kooperator kampung Penosan dan beberapa petani lainnya yang berada disekitar lokasi Demfarm. 

Kepala BPTP Aceh melalui penanggung jawab kegiatan, Husaini, SP., M.Si., menyebutkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Demfarm Pengembangan VUB Padi Khusus dan Spesifik Lokasi adalah untuk memberikan informasi tentang penggunaan varietas unggul baru (VUB) padi dan mendiseminakan informasi teknologi budidaya padi yang tepat.

“selama ini, petani kita hanya menggunakan varietas ciherang secara terus menerus dalam budidaya padi, sehingga kemungkinan ini adalah salah satu faktor produksi sulit ditingkatkan. Oleh karenanya, kita berharap dengan adanya Demfarm ini petani dapat belajar bagaimana memanfaatkan VUB yang tepat dan teknologi budidaya yang menguntungkan” kata Husaini. 

Ia menambahkan bahwa dalam kegiatan Demfarm tersebut, selain memperkenalkan VUB Padi Spesifik Lokasi juga mencoba memberikan informasi tentang pentingnya VUB padi Khusus (Inpari Nutrizinc) bagi petani. 

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Gayo Lues yang diwakili Marlina, S.ST selaku Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Blang Jeurango menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting bagi petani di kecamatan yang Ia koordinir karena memang selama ini sangat jarang ada demontrasi plot atau pun Demfarm dilaksanakan di Kecamatan tersebut. 

“salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi petani disini adalah memang dengan memberikan bimbingan cootoh budidaya yang tepat kepada mereka (petani). Selama ini sangat terbatas informasi tentang teknologi budidaya padi disini apalagi kegiatan dari provinsi (BPTP)” sebut Marlina.

Marlina berharap dengan demfarm ini kedepan produksi padi petani dapat meningkat sehingga dapat menambah penghasilan mereka yang selama hanya 3,5 ton/ha. 

Selepas acara diskusi dan arahan, rombongan meninjau sawah dan melakukan tanam perdana pada lahan yang sudah disiapkan petani yang juga diikuti oleh anggota TNI (Babinsa). 

Untuk meningkatkan produksi padi nasional, salah satu strateginya adalah dengan pola intensifikasi teknologi diantaranya adalah penggunaan varietas unggul baru, penerapan sistem tanam 2:1, dan pemupukan berimbang serta pengendalian hama secara terpadu (RA).


 

wso shell Indoxploit shell fopo decode kaliteli hacklink adresi hacklink al hacklink panel hacklink satış garantili hacklink  paykasa Google