JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Potensi Pengembangan Indigovera Sebagai Pakan Bernutrisi Untuk Sapi Potong di Kabupaten Aceh Besar

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
fShare
5

Oleh : Elviwirda

Sub sektor peternakan di Aceh Besar merupakan bagian dari pembangunan pertanian saat ini dan akan datang. Peternakan di Aceh Besar masih didominasi oleh ternak sapi yang merupakan komoditi andalan daerah. Ternak sapi memiliki potensi yang dapat dikembangkan dilihat dari peranan ternak sapi bagi masyarakat. Beberapa peran dari ternak sapi yang dirasakan oleh masyarakat setempat yaitu ; sebagai sumber bahan pangan bagi masyarakat berupa daging, sumber pendapatan bagi rumah tangga dan tabungan, serta  sumber pupuk organik .

Selain itu potensi sumberdaya alam  seperti lahan untuk penanaman hijauan makanan ternak masih tersedia  sehingga sangat mendukung dalam pengembangan ternak sapi di daerah ini.  Lahan yang  dapat dimanfaatkan  untuk penanaman hijauan makanan ternak baik berupa kebun maupun padang pengembalaan seluas 18.763 ha  dari seluruh luas lahan yang digunakan untuk pertanian dan perkebunan serta lainnya  di Aceh Besar (Aceh Dalam Angka, 2014).

 Kondisi sumberdaya  alam yang ada menunjukkan bahwa Aceh Besar memiliki keunggulan komparatif dari  sektor peternakan khususnya ternak sapi karena mempunyai ketersediaan lahan yang berpotensi besar untuk pengembangan hijauan makanan ternak.

Namun kenyataan yang ada bahwa ternak sapi di masyarakat  masih menunjukkan produktivitas yang rendah. Kondisi ini disebabkan oleh sistem pemeliharaan ternak sapi yang dilakukan masih tradisional. Berdasarkan tinjauan lapangan  bahwa setelah panen padi, ternak  sapi dilepas bebas di lahan sawah. Untuk memenuhi kebutuhan makanannya, ternak hanya mengkonsumsi jerami yang merupakan limbah hasil panen padi dan rumput alam yang ada disekitar lahan sawah. Disisi lain  masyarakat peternak belum mengetahui jenis pakan hijauan yang mempunyai kandungan gizi tinggi seperti Indogovera. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi, publikasi, dan  kajian serta penelitian baik di laboratorium maupun di lapangan.

Upaya yang dapat dilakukan agar masyarakat peternak memiliki pengetahuan tentang Indigovera dan selanjutnya dapat menerapkannya pada  usaha ternaknya  maka perlu mendiseminasikan keunggulan dan budidaya leguminosai  Indigovera melalui  demplot.

Selengkapnya Klik Download.


 

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google