JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

M-P3MI

Program Strategis >> M-P3MI


INTEGRASI PADI-TERNAK SAPI PRIMA TANI

KABUPATEN ACEH BESAR

Pengelolaan usaha tani yang dilakukan dengan menerapkan secara terpisah-pisah (parsial) tidak memberikan hasil yang optimal. salah satu upaya meningkatkan produktivitas dapat dilakukan dengan sistem integrasi yang bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan, kepastian hasil, mutu produk, meningkatkan nilai produk, efisiensi dan kelestarian lingkungan.

Pendekatan Integrasi tanaman padi - ternak sapi dilakukan dengan : 1). Penentuan potensi kawasan pengembangan 2). Penyediaan benih/bibit padi-sapi unggul bermutu, 3). Pola dan sistem usaha untuk menjamin kesehatan tanaman dan hewan, 4). Pengelolaan tanah, air, tanaman-ternak secara optimal, 5). Penanganan hasil untuk mendapatkan hasil berkualitas dan mendapatkan hasil samping yang bermanfaat serta memberikan nilai tambah yang sangat nyata.

Pengelolaan hasil Tanaman Padi- Ternak Sapi

Tanaman padi diproses menjadi benih (SS - ES) dan beras berkualitas tinggi Varietas Cibogo, Mekongga dan Ciherang. Sedangkan hasil ikutan berupa jerami dijadikan pupuk kompos(pupuk organik) sebagai sumber unsur kalium tanaman padi dan dedak dijadikan pakan ternak. Pengelolaan ternak sapi yang dikelola sistem pengembalaan telah dikelola menjadi sistem keraman dengan jumlah ternak sapi 3-4 ekor per-kandang. Penggemukan ternak sapi, limbah padat untuk pupuk kompos (organik), limbah cair (urin) diolah menjadi pupuk pelengkap cair (PPC) tanaman padi. Dilihat dari pemakaian PPC di Aceh yang semakin diminati petani peluang pengelolaan urin menjadi PPC untuk kawasan Prima Tani di Provinsi Aceh telah membuka peluang usaha untuk meningkatkan efisiensi dan dapat meningkatkan pendapatan petani peserta Prima Tani.

(Ir. M. Nasir Ali Maneger Prima Tani Kabupaten Aceh Besar).


 

wso shell Indoxploit shell fopo decode kaliteli hacklink adresi hacklink al hacklink panel hacklink satış garantili hacklink  paykasa Google