JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SL-PTT

Program Strategis >> SL-PTT


Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu (PTT)

Suatu pendekatan inovatif dalam upaya meningkatkan produktivitas dan efisiensi usahatani melalui perbaikan, sistem/pendekatan dalam perakitan paket teknologi yang sinergis antar komponen teknologi, dilakukan secara partisipatif oleh petani serta bersifat spesifik lokasi.

Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT)

Suatu tempat pendidikan non formal bagi petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenali potensi, menyusun rencana usahatani, mengatasi permasalahan, mengambil keputusan dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan kondisi sumberdaya setempat secara sinergis dan berwawasan lingkungan sehingga usahataninya menjadi efisien, berproduktivtas tinggi dan berkelanjutan.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh sebagai salah satu UPT Badan Litbang Pertanian memiliki peran strategis dalam mendukung SL-PTT, karena selain sebagai sumber teknologi dan pendamping, dalam penyelenggaraan SL-PTT, Ir. M. Nasir Ali adalah Penjab SL-PTT padi & jagung dan Ir. Chairunas, M.S sebagai Penjab SL-PTT Kedelai.

Tujuan pokok dari pendampingan yang dilakukan BPTP pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kapasitas/kemampuan teknis dan manajerial petani, khususnya dalam melaksanakan SL-PTT. Menyadari terbatasnya jumlah peneliti dan penyuluh BPTP yang bertugas sebagai pendamping serta terbatasnya biaya, maka pendampingan tidak dapat dilakukan secara langsung pada ribuan unit SL-PTT. Karena itu pendampingan dilakukan dalam wujud penyediaan teknologi, penyusunan petunjuk teknis, pengujian dan demontrasi teknologi, narasumber teknologi, fasilitasi pertemuan kelompok, monitoring dan evaluasi Kegiatan.

--------------------------------------