JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ir. H. Basri A. Bakar, M.Si

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
fShare
1
  

Instansi

:

 BPTP Aceh

Jabatan

:

 Ka.BPTP ACEH/ Peneliti Madya

Bidang

:

 Sistem Usahatani

E-mail:
:  baskar_olin@yahoo.com

 

Pria kelahiran Beureunuen Kabupaten Pidie 11 Agustus 1960 ini memulai debutnya pada tahun 1985 sebagai Pegawai Negeri Sipil pada Balai Informasi Pertanian (BIP). Dari pernikahannya dengan Yusriani, A.Md memperoleh 4 putra-putri yaitu Fantashir (Ovan), Alvin Azkira (Ovin), Agridzira Assiva (Ogin) dan Thiffaly Yumna (Olin). Setamat SMA, Basri yang mempunyai bakat sebagai qari, melanjutkan kuliahnya dan menyelesaikan S1 Fakultas Pertanian Unsyiah jurusan Agronomi (1987). Lalu pada tahun 1997 diterima pada program Pascasarjana (S2) di IPB Bogor jurusan Komunikasi Pembangunan Pertanian dan lulus tahun 1999. Terhitung 19 Agustus 2013 sampai sekarang dipercayakan sebagai Kepala BPTP Aceh.

 Anak pertama dari enam bersaudara yang berasal dari keluarga petani ini diangkat sebagai peneliti terhitung sejak 1 Pebruari 1998. Namun karena menduduki jabatan struktural sebagai Kasie Pelayanan Teknis (sekarang Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian), Basri dinonaktifkan sementara sebagai tenaga fungsional sejak 1 Mei 2002. Kini ia menduduki jenjang jabatan fungsional Peneliti Madya. Selain senior sebagai tutor dalam berbagai pelatihan untuk penyuluh dan petani, Basri juga  mendalami jurnalistik, aktif menulis di berbagai media lokal dan nasional. Tak heran ia juga dipercayakan Tabloid “Sinar Tani” sebagai koresponden daerah Aceh sejak 1997 hingga 2013. 

Di luar tugas pokok sehari-hari, Basri juga mampu berceramah dan berkhutbah serta mengimami shalat berjamaah. Pada Idul Fitri 2012 lalu ia diundang ke Thailand untuk menjadi Imam shalat Tarawih dan khatib Idul Fitri di Kedubes RI Bangkok. Kiprahnya di luar jam dinas kantor cukup padat namun dapat dilaksanakan semua berkat kepiawaiannya mengatur waktu. Basri juga salah seorang yang membidani terbitnya Tabloid “Gema Baiturrahman” di Masjid Raya Baiturrahman, dan pernah menduduki posisi Pemimpin Redaksi hingga 2013. 

Kerjasama dengan luar negeri, Basri ikut diundang ke Australia bersama tim ACIAR selama 10 hari pada tahun 2008. Pada tahun 2014, bersama Universitas Syiah Kuala melakukan studi banding bidang pertanian ke Taiwan, lalu pada bulan Agustus tahun yang sama, Basri mendapat kesempatan mengikuti Training Manajemen Riset dari proyek SMARTD kerjasama dengan Michigan State University (MSU) di USA bersama 20 peserta lainnya dari Badan Litbang Pertanian. 

Moto Hidupnya : “Selalu Bersyukur dan Berusaha Berbuat Baik walau Sekecil Apapun”